7 pertanyaan pd klien, sebelum mendesain logo “???”

Sekedar share dari blognya om gatot..

gatotaryodesign

Brief dalam Merancang Logo
Brief dalam desain logo layaknya sebuah senter di dalam gelap, dia harus dihidupkan agar kita dapat berjalan dengan cepat dan aman. Brief bertujuan agar desainer dan klien fokus kepada tujuan utama dari perancangan logo. Tanpa brief desain, proyek yang dijalankan akan merugikan kedua belah pihak baik desainer maupun klien. Desainer akan mengerjakan sesuatu yang mungkin diluar harapan dan tujuan klien sehingga akan terjadi revisi pekerjaan berulang-ulang. Sedang bagi klien, goal yang diharapkan dari logo yang dirancang bisa jadi diluar perkiraan.

Lantas apa-apa saja yang harus ditanyakan dalam brief desain?

Setiap desainer pasti punya poin-nya sendiri ketika merumuskan sebuah brief untuk desain. Tidak ada yang mutlak disini, semua tergantung kebutuhan dan proyek yang dikerjakan. Mungkin secara umum, kamu yang sama sekali belum pernah bekerja menggunakan materi brief untuk mendesain logo, mungkin bisa mendapat gambaran dari materi brief dibawah ini :

1) Informasi dasar tentang nama perusahaan, kata-kata…

View original post 445 more words

Definisi istri & anak

Definisi istri dan anak
Ibu dan anak
  1. Istri itu untuk diberikan kebahagiaan, dimanja & diperhatikan begitu juga dengan anak.
  2. Saya hanya percaya pertumbuhan anak saya di rawat oleh istri & saya, bayangkan bila dirawat baby sitter? Babysitter pendidikanya apa? Biasanya kan dari desa & putus sekolah? Masak anak saya harus mendapatkan itu, babysitter itu hanya bisa nungguin bukan merawat dan mendidik.
  3. Anak itu titipan Tuhan untuk kita, Tuhan memberikan anak untuk kita, bukan babby sitter.
  4. Masalah istri tidak mau bila disuruh tidak kerja, itu bukan alasan, itu tantangan untuk sang suami bagaimana bisa merubah pola pikir sang istri. Dulu waktu pacaran gimana komitmenya kok sampe sejauh ini ke jenjang pernikahan.
  5. Wanita hebat adalah yang bisa ikhlas & senang menerima berapapun rejeki sang suami, rela tiap hari kecapekan merawat anak. Kerja & merawat anak itu lebih capek merawat anak lho!
  6. Kalau manyampingkan kuantitas, itu berarti menyampingkan perhatian. Ini yang menjadi semakin banyak cabe-cabean & terong-terongan, mau anak anda begitu?
  7. Wanita itu tulang rusuk bukan tulang punggung.
  8. Dengan penghasilan besar atau kecil, tinggal bagaimana kita mengarungi hidup bersama, sederhana atau foya2, mereka yang tidak punya saja bisa bahagia.
  9. Kalau sang istri masih ngeyel pengen berkarir, pertanyakan cinta dia ke anda & anak anda, pertanyakan juga rasa hormat dia ke anda?
  10. Rumahku adalah surgaku bukan rumahku adalah pencapaianku.

sumber: dari sebuah HT di kaskus, ilustrasi gambar diambil dari rthdwiastuti.wordpress.com

Lost in Ubud

Sedikit flashback. Dulu waktu masih kerja di onederland pernah ada temen ngasi rekomendasi proyek dari temen bulenya, cewek dari Inggris. Sempet underestimate juga ketika dia bilang temennya itu tinggal di Ubud. Secara dulu pernah kejadian ada client dari Ubud order website, ketika webnya udah hampir jadi 100% mendadak orangnya tidak bisa dihubungi. Sementara pembayaran hanya 30%. Wah aku rugi dong, rugi waktu & perasaan.

Gara gara itu sempat ogah-ogahan juga waktu menghubungi tuh bule. Tapi SMSnya membuat jiwa petualangku tertantang. Bukan, bukan dengan proyek yang ditawarkan. Tapi tentang alamat yang dia kirim yang entah kenapa masih aku simpan di hape😀.

If you come into ubud, pass bridges, so that the pedestrian bridge and bridges restaurant is on left?? Keep passing that, pass bing tang market, pass indomaret, till the road makes sharp left, after that take your first road on right. Pretty curvy, then thru jungle, bridge, steep hill, nice villas, pass a laundry on your left then road comes to a T at rice paddies. Left is pave, right is gravel/broken pavement. Take right onto gravel. Road will fork, stay right. Go till you see three huts on right at Karsa cafe. Passing that and on right: rice paddy. Egg man, two story building with ‘Sai Nadi Gallery’ sign. The sidewalk on far side is how you get upstairs.

Terus terang saja aku tidak begitu pengalaman dengan jalanan di Ubud karena baru beberapa kali saja ke sana. Tapi isi pesan singkat itu benar-benar membuat penasaran. Aku sudah membayangkan akan melalui perjalanan yang seru & menantang seperti di film-film petualangan. Ya, hanya itu di pikiran, tanpa peduli apakah proyeknya akan deal atau tidak.

ilustrasi petualangan yang terbayang

Pada hari yang disepakati akhirnya fix berangkat ke Ubud. Ketemu jembatan & restoran di kiri jalan, lanjut. Hampir setengah jam muter-muter nyari bing tang market & sukses tidak ketemu. Gak akan pernah ketemu sih karena yang bener Supermarket Bintang, entah kenapa si bule nulisnya seperti itu. Indomaret lewat, lalu sedikit gambling masuk jalan kecil menuju persawahan terasireng indah khas Bali. Dari sini petunjuk dari si bule baru bener-bener akurat & detail, hamparan persawahan, jembatan, melewati hutan, hingga aku bener-bener sampai di tempat tinggalnya si bule.

Jalanan yang kulalui kira-kira 11-12 lah dengan apa yang kubayangkan sebelumnya. Hanya kurang kejadian-kejadian ajaibnya saja seperti ketemu cewek minta tolong dari penjahat terus kita jadian dan hidup bahagia selamanya misalnya

Setelah nego & deal dengan si bule, waktunya pulang. Men-track kembali jalur yang aku lalui sebelumnya, melewati hutan, persawahan, jembatan, dan entah kenapa tiba-tiba jalanan begitu berbeda dengan yang kulalui tadi. Dan aku terlambat menyadari bahwa aku sudah nyasar semakin jauh ke pedalaman Ubud.

*gambar diambil dari: http://digital-art-gallery.com

Kembali ke Bali

Awal 2014, waktu menuntunku untuk kembali ke sini lagi. Tempat di mana aku menghabiskan 3 tahun yang indah, ngenes dan seru. Indah karena dari tempat ini cinta lama bersemi. Ngenes karena banyak juga kejadian-kejadian konyol yang tak seharusnya terjadi, andai aku lebih berhati-hati dalam melihat sebuah kondisi. Dan juga seru, karena awal dari petualanganku di sini berbekal 200 ribu rupiah saja. Sempat 2 kali pindah kerja & dapet banyak relasi dari tukang cuci hingga orang-orang berdasi.

persawahan di Bali

Dari sini, semuanya akan kembali ditulis. Dengan bahasa penulisan yang sedikit berbeda dari jaman-jaman yang lalu. Sedikit lebih dewasa & manusiawi. Let’s restart writing, let;s start rewriting. Whatever.

*gambar diambil dari: http://www.act-global.org/bali-hijau-green-bali

Abis Futsal

futsal
asr_creste_by_wrizal72

Ceritanya kmaren abis maen futsal neh,, liga segitiga bareng nak-kanak childrennya RI (Romanisti Indonesia), ICI (Interisti Club Indonesia) sama IndoManutd (fansnya MU)….

Berikut laporan lebih lengkapnya:

Match 1: RI vs IndoManUtd (5-5)

Pertandingan berlangsung sangat seru dan sangat cukup tidak berimbang…(bingung gak?) Secara pemaen RI yg dateng cuman 8 ekor ajah… Alhasil babak pertama RI jadi bulan2an IndoManUtd dengan skor cukup telak, RI (0)- IndoManUtd (5).

Tapi setelah jeda, dengan adanya pergantian pemaen & strategi tentunya, nak-kanak RI mulai menghancurkan pertahanan IndoManUtd dan skor akhir sangat impossible: RI (5) – IndoManUtd (5)… special thanks bwt Phodeh yg mencetak 4 gol di pertandingan ini..:D

Match 2: IndoManUtd vs ICI (3-0)

Pertandingan berjalan tidak seimbang karena anak2 IndoManUtd mentalnya tengah membara setelah gagal memetik kemenangan melawan RI. Sedangkan anak2 ICI yg baru dateng ke Emirates Stadium ini masih belum bisa beradaptasi sepenuhnya dan terciptalah skor akhir yg cukup meyakinkan IndoManUtd (3) – ICI (0)

Match 3: ICI (7) vs RI (6)

Pertandingan penentuan, klo RI bisa menang dg skor diatas 3 gol maka RI bakal jadi juara… Pertandingan kali ini pun menyajikan sebuah pertandingan kelas dunia (dunia anak-anak maksutnya..:D), kejar-mengejar gol terjadi, 1-0…1-1…1-2…2-2… dst hingga akhirnya RI harus mengakui heading anak2 ICI emang yahud… sekitar 3 gol ICI tercipta dari heading semua. Skor akhir ICI (7) – RI (6)

Yah, jadi juru kunci deh… Tapi gak pa2,namanya juga pertandingan persahabatan terang aja anak2 RI gak mau menampilkan performa yg sesungguhnya, terutama diriku.:D.. Nah, ntar klo ada liga/turnamen beneran, baru deh akan qtunjukin siapa diriku sebenernya…paling2 yo RI jadi penggembira lagi, hahaaa.. =))

Selamat deh buat IndoManUtd yg sukses jd jawara…

Web Messenger

Sory eniwey sebelomnya,
Mau bagi2 ilmu dikit neh, moga bermanfaat!

Tak jelasin dulu ya sbelomnya, ne cuma buat temen2 yg ngerasa masi katrok aja.
Yg udah expert gak sah d’lanjutin deh bacanya biar gak nyesel!

Ne cuma berawal dari pengalaman pribadi aja (semasa qmasi katrok dulu…:D)

Okey, here we go!

Ternyata chatting (YMan) tu gak sesusah yg qpikirkan dulu… Qt bisa langsung log in ke YM qt tanpa perlu menginstall Yahoo Messenger. Mudah saja, bisa langsung lewat fasilitas Web Messengernya Yahoo, ato klo pengen nyobain yg laen bisa lewat Meebo ato KoolIM, ato yg laen2nya lagi…
Nah, ini berguna banget buat kalian yg kesusu pengen cettingan tapi gak ada sofwer YM di komputernya.  Jadi daripada repot2 donlut trus nginstall YM, mending langsung masuk aja ke Web Messenger tadi…
Gak enaknya ada sih dikit, karena ini smua fasilitas onlen, jadi kadang sering agak lama gitu buat nampilin pesan cetingannya, klo pas jaringannya lemod apalagi (klo YM aslinya kan enggak :D)
Untuk Meebo, historynya gak ada jadi qt bakalan susah ngelacak arsip cetingan qt, kcuali klo qt mau daftar jadi membernya  (yg klo aq pribadi seh ngapain?gak penting deh..)
Klo KoolIM, trus terang blom tak teliti lebih jauh..:D

Okey gitu aja dulu bagi2 ilmu gak jelasnya…

Yg mau share monggo…

let's restart writing. let's start rewriting. whatever

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 122 other followers